Kamis, 22 Mei 2014

SYARAT-SYARAT TAUBAT NASUHA (SUNGGUH-SUNGGUH BERTAUBAT)

Detail syara-syarat taubat yang wajib dipenuhi agar taubat di terima oleh Alloh 'Azza wa-Jalla ialah sebagai berikut :

  1. Berazam dan bertekad untuk tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa yang telah dilakukan.
  2. Menyesali dan berduka di dalam hati terhadap perbuatan dosa yang telah dibuat. 
  3. Meninggalkan dosa dan maksiat yang telah dilakukan semata-mata karena Alloh. 
  4. Melaksanakan taubat dengan ikhlas
  5. Jika dosa yang dilakukan berkaitan dengan orang lain, syaratnya ia wajib membebaskan dirinya dari hak yang bukan miliknya untuk dikembalikan kepada yang berhak atau minta dihalalkan, ini bererti jika berupa harta benda wajib dikembalikan. Jika berupa fitnah, ghibah (umpatan), penghinaan, cacian, kutukan, laknat dan kezhaliman, maka wajib meminta maaf kepada orang tersebut atas apa yang telah dilakukan kepadanya.
  6. Perbanyaklah mengucapkan istighfar (Astaghfirullooh)
  7. Di anjurkan juga untuk melakukan sholat sunat taubat 

SHOLAT SUNAT TAUBAT
Sholat Sunat Taubat dilakukan setelah seseorang itu melakukan dosa dan kesalahan atau perlanggaran hukum-hukum agama atau merasa dirinya bersalah dan berdosa kepada Alloh Subhaanahu Wa Ta'ala, kemudian menyesali atas perbuatannya itu.

Rosululloh Shollalloohu 'Alaihi Wasallam telah bersabda : “Sesiapa yang pernah melakukan perbuatan dosa, bersegeralah berwudhu' kemudian dirikan sholat dan mohonlah keampunan kepada Alloh Subhaanahu Wa Ta'ala, Alloh pasti akan menerima permohonannya itu. Kemudian bacalah ayat ini: “Mereka yang pernah mengerjakan perbuatan dosa atau telah berbuat dosa terhadap dirinya sendiri lalu mereka bersegera mengingati Alloh dengan memohon keampunan Ilahi terhadap dosa yang dilakukan itu. Siapakah yang akan mengampuni segala dosa, selain Alloh? Kemudian itu mereka insaf dan sadar serta tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi, maka mereka akan diberi pahala dan ganjaran syurga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai dan disitulah tempat mereka selamanya.” (HR Abu Daud, Nasa’I, Ibnu Majah dan Baihaqi).

Sholat Taubat boleh dilakukan dua, empat atau enam rakaat pada waktu kapan saja, tetapi lebih afdhol dilakukan pada waktu tengah malam dimana suasananya sunyi dan tenang. Sedangkan cara mengerjakan dan bacaan Sholat Sunat Taubat sama dengan sholat biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar