Senin, 14 Juli 2014

ANDA BISA SUKSES



Oleh : Rahmat

Ada dua yang menyebabkan Anda sukses, pertama adalah Anda melakukan cara tertentu untuk meraih sukses, kedua Alloh mengijinkan Anda untuk sukses. 

Keputusan menetapkan (sesuatu) hanyalah hak Alloh; kepada-Nya-lah aku bertawakkal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakkal berserah diri [12.67] 

Meskipun ada faktor nasib disini, tetapi tidak berarti kita tidak harus berusaha, hanya menunggu nasib dari Alloh. Alloh sendiri yang memerintahkan kita untuk berusaha. Seperti didalam firman-Nya: Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangun berusaha. [25.47] 

Sesungguhnya Alloh tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Alloh menghendaki suatu keburukan terhadap suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(Ar-Ro'du: 11) 

Kita disuruh berusaha, tetapi usaha tertentu yang bisa membuat Anda sukses, karena yang menjadikan orang sukses ialah karena mereka melakukan usaha tertentu yang benar yang akan membuat Anda sukses. Bagaimanapun kerasnya Anda berusaha jika usaha yang Anda lakukan salah maka Anda tidak akan berhasil.
Sukses tidak disebabkan oleh lingkungan. Bagaimanapun lingkungan Anda, bisa membuat Anda sukses. Ada orang yang sukses dari lingkungan kota, ada juga dari desa. Jika Anda seorang karyawan, ada juga karyawan yang sukses, jika Anda seorang pengusaha ada pengusaha yang sukses, bahkan jika Anda seorang pemulung, ada juga yang sukses. Anda seorang presiden tidak menjamin Anda akan sukses. Sudah ada contoh bahwa seorang presiden mengakhiri hiupnya dengan tragis. Kesimpulannya lingkungan atau profesi tidak menentukan Anda sukses atau tidaknya. 

Begitu juga dengan kepAndaian maupun gelar tidak menjamin akan sukses. Banyak yang bergelar doktor maupun profesor tidak mendapatkan kesuksesan, tetapi disisi lain lulusan SD ada juga yang sukses. 

Sukses juga tidak ditentukan oleh modal, sudah banyak contoh orang sukses tanpa modal (sukses dalam bisnis). Jadi tidak ada alasan Anda tidak mau mengejar sukses karena terhambat modal. Mendapatkan modal adalah bagian dari langkah menuju sukses, bukan penentu. Karena banyak juga yang sudah punya modal tapi tidak sukses. 

Pada intinya Anda bisa sukses tidak peduli dimana Anda berada, tidak peduli apa pendidikan Anda bahkan tidak peduli Anda punya uang atau tidak. Yang penting Anda mau melakukan cara yang benar untuk meraih sukses. 

Walloohu a'lam bishshowaab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar