Minggu, 13 Juli 2014

KEKUATAN ITU DARI ALLOH (BAG. 2)



Pada artikel sebelum telah kita bahas hikmah dari keyakinan akan takdir Alloh Subhaanahu Wa Ta’ala yang bukannya melemahkan, tetapi justru akan lebih memberikan dorongan positif terhadap diri kita. Hikmah-hikmah tersebut adalah:
  • Kekuatan
  • Sabar
  • Ridha dan Qana'ah
Pada artikel ini akan bahas 4 hikmah lainnya yang bisa kita petik. meskipun saya menyebutkan 7 hikmah, tetapi itu tidak berarti hanya ada 7 hikmah yang terkandung. Mungkin saja hikmahnya sangat banyak, namun akibat keterbatasan saya, sehingga hanya 7 yang bisa saya uraikan di sini.
  1. Menerima Apa Adanya
    Orang yang yakin dengan takdir, dia akan menerima apa yang diberikan Allah kepadanya. Sikap ini akan melahirkan kekuatan jiwa, tidak akan kecewa, sedih, putus asa, dan sikap-sikap cengeng lainnya. Dia yakin apa yang terjadi pada dirinya adalah yang terbaik bagi dia. 
  2. Memiliki Harga Diri
    Orang yang yakin akan takdir Alloh akan memiliki harga diri karena yakin apa yang dia miliki bukan berasal dari manusia tetapi dari Alloh semata. Jika pun ada peran manusia, itu hanya sebagai perantara saja. Harga diri ini akan menjadi sumber kekuatan luar biasa, sehingga dia bisa mencurahkan segenap potensinya. 
  3. Berjiwa Tenang dan Damai
    Orang yang yakin akan takdir, akan yakin pula bahwa segala musibah tidak akan membuatnya takut dan ciut. Dia tenang terhadap apapun yang akan dan telah terjadi karena semua kehendak Alloh Subhaanahu Wa Ta’ala. Dia tidak akan ragu melakukan apapun karena hasil adalah keputusan Allah setelah dia berusaha. Dia tidak akan menyesali masa lalu, dia yakin dengan masa kini, dan berani menghadapi hari esok. 
  4. Berorientasi ke Depan dan Doing The Best
    Orang yang yakin akan kekuatan Alloh, sabar, ridha, qana'ah, menerima apa adanya, memiliki harga diri, tenang, dan damai terhindar dari penyesalan masa lalu, berani menghadapi realitas, bebas dari rasa pesimis, dia tidak mendapatkan jalan lain kecuali berorientasi ke depan menuju yang lebih baik, bertumbuh, dan melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar