Selasa, 22 Juli 2014

MERTUA DAN MENANTU IDAMAN



Oleh : Budi Marta Saudin

  1. Ia adalah seorang laki-laki mulia, terkenal dengan kedermawanannya, kejujurannya pun tidak ada yang meragukan. Ketika orang-orang kafir Quraisy mengingkari kenabian Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam, maka ia adalah seorang laki-laki pertama yang meyakininya. Beliau adalah Abu Bakar Ash shiddiq rodhiyallohu ‘anhu, ayahanda Aisyah rodhiyallohu ‘anha, yang kemudian menikahkannya dengan Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam. Abu bakar Asshiddiq adalah mertua Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam, manusia terbaik sepanjang masa.
  2. Orang ini memiliki keberanian yang luar biasa, ditakuti oleh orang-orang kafir Quraisy, sebelum memeluk Islam ia berniat untuk membunuh Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam. Hatinya bergetar tatkala mendengar lantunan ayat Al-Quran dan ia langsung masuk Islam. Ia di juluki Al-Faruq, sebagai pembeda antara yang haq dan yang bathil. Ia memiliki putri bernama Hafshoh rodhiyallohu ‘anha , yang kemudian dinikahkannya dengan Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam. Beliau adalah Umar bin Khotthob, mertua Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam, manusia terbaik sepanjang masa.
  3. Laki-laki sederhana ini sungguh beruntung, ia adalah orang yang sangat dermawan, memiliki kecerdasan dan ahli ibadah. Ia menikahi dua putri Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam. Ia menikahi Ruqoyyah rodhiyallohu ‘anha , kemudian setelah meninggal Ruqoyyah rodhiyallohu ‘anha , Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam menikahkannya dengan putrinya yang lain yaitu Ummu Kultsum rodhiyallohu ‘anha . Ia pun dijuluki dengan dzunnuroin, yang memiliki dua cahaya, karena telah menikahi dua putri Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam. Beliau adalah Utsman bin ‘Affan Rodhiyallohu ‘anhu, menantu Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam, manusia terbaik sepanjang masa.
  4. Pemuda ini adalah anak pamannya Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam, ia seorang yang gagah berani, di nikahkan oleh Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam dengan putri kesayangannya, Fathimah rodhiyallohu ‘anha, seorang pemimpin wanita ahli surga, ibu dari cucu kesayangan Nabi, Hasan dan Husein rodhiyallohu ‘anhuma. Pemuda beruntung ini adalah Ali bin Abi Tholib rodhiyallohu ‘anhu, menantu Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam, manusia terbaik sepanjang masa.
Abu Bakar, Umar, Utsman dan ‘Ali rodhiyallohu ‘anhum adalah orang-orang pilihan, bagaimana tidak?, Abu Bakar dan Umar adalah mertua Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam, sedangkan Utsman dan ‘Ali adalah menantu Rosululloh shollallahu ‘alaihi wasallam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar